Membersihkan/Memperbaiki CD/DVD Yang Tergores

Mungkin diantara kalian semua mempunyai CD ataupun DVD dirumah. Pasti diantaranya ada yang tergores permukaannya sehingga CD/DVD tersebut tidak bisa digunakan lagi, kalaupun bisa pasti akan lama terbacanya. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara mudah untuk memperbaikinya dengan peralatan yang ada disekitar kita.

Sebelum melakukan hal ini, perlu dicek terlebih dahulu bahwa kondisi CD-ROM atau DVD-ROM/RW kita masih bagus, karena CD/DVD-ROM/RW yang sudah lama, kemampuan bacanya akan berkurang. Sehingga bisa jadi kusulitan membaca itu juga karena umurnya sudah lama dan sering sekali dipakai. Untuk memastikan hal ini, kita bisa mencobanya di beberapa komputer lain.

Sip... Kita mulai dari cara pertama yaitu dengan :

1. Pasta Gigi

Kita semua pasti tau dengan barang yang satu ini. Yup, selain untuk membersihkan gigi, pasta gigi ternyata bisa juga digunakan untuk memperbaiki CD yang tergores. Wah, bisa ganti nama tuh jadi "Pasta CD" he...
Caranya adalah :
Siapkan CD/DVD yang permukaannya tergores baik sedikit atau banyak.
Siapkan kain, kapas atau tissu yang lembut.
Ambil pasta gigi, oleskan pada kain dan usapkan pada permukaan CD/DVD yang tergores.
Gosok berulang-ulang dengan lembut sampai terlihat goresannya menghilang atau mulai hilang.
Setelah selesai, bersihkan dengan air kemudian tinggal di test. (Tapi dikeringkan dulu dengan kain)

2. Vaseline

Bagi anda yang mempunyai Vaseline, bisa juga digunakan untuk membersihkan atau memperbaiki CD/DVD yang tergores. Caranya mirip dengan pasta gigi. Gunakan kain yang lembut dan oleskan vaseline di kain kemudian bersihkan permukaan CD/DVD yang tergores, ulangi sampai terlihat goresannya hilang atau terlihat bersih.

3. Pisang

Yup, dengan pisang. Selain enak dimakan begitu saja atau digoreng maupun diolah menjadi makanan yang uenak, ternyata buah yang satu ini bisa juga digunakan untuk membersihkan/memperbaiki CD yang tergores.
Caranya adalah :
Siapkan CD/DVD yang tergores/kotor
Ambil pisang, kupas dan gosokkan pisang di permukaan CD/DVD secara memutar
Seka dengan kulit pisangnya. Bagian lilin dari kulit pisang akan membantu memperbaiki dan membersihkan permukaan CD/DVD
Ambil kain yang bersih dan lembut kemudian bersihkan permuakaan CD-nya dengan gerakan memutar dan tekanan yang ringan, selama 3-4 menit
Setelah selesai bersihkan dengan pembersih kaca jika ada.

4. Pledge

Pledge yang biasanya digunakan untuk membersihkan furniture atau perabot rumah tangga, bisa juga digunakan untuk membersihkan CD/DVD yang tergores. Caranya sama dengan sebelumnya, semprotkan Pledge di keping CD/DVD kemudian gosok dengan kain yang lembut secara perlahan, sehingga goresan di CD akan tertutupi oleh lapisan lilin.

5. Brasso

Jika berbagai cara diatas tidak berhasil, Brasso bisa dijadikan alternatif. Caranya mirip seperti di atas, gunakan kain yang lembut, kemudian teteskan brasso di kain tersebut. Gunakan untuk mengelap permukaan CD sampai terlihat goresan menghilang atau menjadi halus kembali. Setelah selesai bersihkan dan coba CD tersebut.

Berbagai cara diatas bisa dicoba dan di praktekkan, tetapi untuk CD atau DVD dengan kerusakan yang parah (goresan sangat dalam atau sangat banyak), mungkin tidak akan mudah, meskipun tidak ada salahnya untuk dicoba.
klu cara ini tidak bisa maafkan saya..
nama nya juga lagi mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar